IDENTITAS DIRI

KELOMPOK 1 (SATU)

Minggu, 27 Juni 2010

EDIT FEATURE HENDIA (OLEH RINI)


MAKANAN KHAS TEGAL
PONGGOL PAI


Oleh : Hendia Riani

PAI dan Ponggolnya

Siapa yang tak kenal ponggol?
semua orang Tegal pasti tahu ponggol. Karena ponggol merupakan makanan sehari-hari sebagian besar warga Tegal. Di PAI, ponggol merupakan makanan khas asli Tegal yang tidak dapat dijumpai di warung-warung kuliner di pantai-pantai lainnya.

Apakah ponggol itu?

Ponggol adalah nasi putih dengan beraneka ragam lauk, seperti sambal goreng tempe, tumis putren (jagung muda yang kecil dan diiris tipis-tipis), mi goreng, urab, tumis kangkung, dan ditaburi bawang goreng sebagai pelengkap. Sambal goreng merupakan teman setianya yang berupa tempe dipotong-potong berbentuk dadu dan dimasak pedas. Sebagian orang tentu menyukai rasa pedas.



Keunikan ponggol

Ponggol merupakan makanan khas Tegal dan hanya dapat dijumpai di Tegal khususnya PAI. Ponggol memiliki keunikan tersendiri daripada makanan yang lainnya yaitu seluruh rasa lauknya pedas. Ponggol Tegal berbeda dengan makanan sejenis ponggol di daerah lainnya. Sebutan 'ponggol' juga hanya digunakan di Tegal, sedangkan di daerah lain menyebutnya 'nasi bungkus atau nasi kotak'.

Harganya?

Harga ponggol tergolong murah. Hanya dengan Rp 1.500,00 kita sudah dapat menikmati nikmatnya ponggol. Dan tentunya perut kita yang keroncongan dapat kembali bugar. Pokoknya ponggol siiipp deh ! Rasanya nikmat....dapat bergoyang lidah dan pastinya perut jadi kenyang. Harganya juga pas dikantong ! Jadi, kalau pengunjung ingin merasakan nikmatnya ponggol, datanglah ke PAI. Jangan lupa ajak sanak saudara agar dapat ikut mencicipi lezatnya ponggol.


(Editor Oleh Rini Puji Hastuti : dengan pengubahan)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar